Friday 18 May 2012

Skateboard

Hm hai, udah lama gua gak posting-posting lagi. Abis merantau mencari sang mama hihi (Hachi kali..). Hm oke gua entah kenapa gua tertariiiiiiiiik sampe ketarik-tarik (halah!) sama yang namanya skateboard. Siapa sih yang gak tau skateboard? Pasti tau doong. Oke gua ungkit sejarah awal di buatnya gimana ya (skateboardnya flashback...-_-).




Sejarah


Skateboard adalah jenis peralatan olahraga digunakan terutama untuk kegiatan skateboarding . Biasanya terdiri dari yang dirancang khusus kayu maple papan dikombinasikan dengan lapisan polyurethane yang digunakan untuk membuat slide halus dan daya tahan lebih kuat.Para skateboard pertama yang mencapai pemberitahuan publik keluar dari menggila surfing awal 1960-an, dikembangkan untuk membantu peselancar berlatih ketika ombaknya tidak menguntungkan. Prototip pertama adalah papan kayu sederhana dengan roller-skate roda terpasang, dan praktek itu kadang-kadang disebut sebagai "trotoar berselancar." Kelompok berselancar Jan dan Dean bahkan memiliki hit kecil yang disebut "Trotoar Surfing" pada tahun 1964. Pada pertengahan 1980-an skateboard yang diproduksi massal dan dijual di seluruh Amerika Serikat.



Sebuah skateboard didorong dengan mendorong dengan satu kaki sementara sisa-sisa lainnya di papan tulis, atau dengan memompa kaki seseorang dalam struktur seperti kolam renang atau setengah pipa . Skateboard A juga dapat digunakan hanya dengan berdiri di dek sementara pada kemiringan ke bawah dan membiarkan gravitasi untuk mendorong papan dan pengendara. Jika pengendara posisi kaki kanan mereka ke depan, dia / dia dikatakan naik " konyol ", jika pengendara posisi kaki kiri ke depan, dia / dia dikatakan naik" biasa ". Jika pengendara biasanya teratur tetapi memilih untuk naik konyol, dia / dia dikatakan naik " beralih ", dan sebaliknya. Skater A biasanya lebih nyaman mendorong dengan kaki belakang mereka, memilih untuk mendorong dengan kaki depan yang sering disebut seperti mengendarai "Mongo."


Baru-baru ini, skateboard listrik juga muncul. Ini tidak lagi memerlukan propelling skateboard dengan kaki, melainkan sebuah motor listrik mendorong papan, diberi makan oleh sebuah baterai listrik.


Tidak ada badan yang menyatakan semua peraturan tentang apa yang merupakan skateboard atau bagian dari yang dirakit. Secara historis, skateboard telah sesuai baik untuk tren kontemporer dan ke array yang pernah berkembang aksi yang dilakukan oleh pengendara / pengguna, yang memerlukan fungsionalitas tertentu dari papan. Tentu saja, bentuk papan sangat tergantung pada fungsinya yang diinginkan. longboards adalah jenis skateboard dengan panjang wheelbase dan lebih besar, roda lebih lembut.


Skateboards memiliki 3 sumbu. Sumbu ekor (berjalan dari ekor ke ekor), poros tengah (berjalan lurus ke bawah melalui pusat papan), dan sumbu pendek (berjalan dari lebar papan, tegak lurus dengan sumbu ekor).

Bagian


Deskripsi dari bagian-bagian skateboard berikut adalah yang paling umum di populer, bentuk modern skateboarding. Banyak bagian yang ada dengan konstruksi eksotis atau alternatif. Deck Sebagian besar dibangun dengan kayu lapis 7-6 untuk, dek, truk, roda, bantalan, perangkat keras, ring dan griptape.


Deck


Deck modern bervariasi dalam ukuran, tetapi yang paling 7 sampai 10,5 inci (17,78-26,67 cm) lebar. Deck yang lebih luas dapat digunakan untuk stabilitas yang lebih besar ketika transisi atau ramp skating. Skateboard deck biasanya antara 28 dan 33 inci (71.12 dan 83,82 cm) lama. Bagian bawah dek dapat dicetak dengan desain oleh produsen, kosong, atau dihiasi dengan cara lain.



Bagian bawah skateboard
The longboard , varian umum skateboard, memiliki dek lagi. Ini sebagian besar dikuasai menuruni bukit atau di tepi pantai untuk mewakili naik dari gelombang di laut pada papan selancar . Ini diciptakan oleh dua peselancar; Ben Whatson dan Drapper Jonny. Salah satu perusahaan dek pertama disebut "Drapped" diambil dari nama kedua Jonny itu. "Old sekolah" papan (yang dibuat pada 1970-an-80 atau papan modern yang meniru bentuk mereka) umumnya lebih luas dan seringkali hanya memiliki satu kicktail. Varian dari tahun 1970-an sering memiliki cekung sedikit atau tidak ada, sedangkan tahun 1980-an model memiliki concavities lebih dalam dan kicktails curam. 


Pita Grip , bila diterapkan pada permukaan atas skateboard, memberikan pegangan kaki skater di dek. Hal ini paling sering hitam tetapi bisa datang dalam berbagai warna termasuk jelas, sehingga bagian atas dek yang akan dihias. Ini memiliki kembali perekat dan atasan seperti amplas.


Truk


Terlampir ke geladak dua logam (biasanya paduan aluminium) truk, yang terhubung ke roda dan dek. Truk-truk lebih lanjut terdiri dari dua bagian.Bagian atas truk screwed ke geladak dan disebut baseplate, dan di bawahnya adalah gantungan. As roda berjalan melalui gantungan. Antara baseplate dan gantungan adalah ring , juga karet atau grommet , yang menyediakan mekanisme bantal untuk memutar skateboard. Bushings bantal truk ketika ternyata. Para kaku bushing, semakin tahan skateboard adalah untuk berputar. Semakin lembut bushing, semakin mudah untuk berpaling.Sebuah baut disebut gembong memegang bagian-bagian bersama-sama dan sesuai di dalam ring. Jadi dengan mengencangkan atau melonggarkan mur gembong, truk-truk dapat disesuaikan longgar untuk balik lebih baik dan lebih ketat agar lebih stabil. Kingpin ukuran kacang standar 3/8 "- 24tpi.


Sebuah independen truk skateboard merek

Skateboard truk yang diproduksi di sejumlah lebar poros yang berbeda. Secara umum lebar poros harus dipilih yang dekat dengan lebar dek akan digunakan bersama dengan. Sebagai contoh, sebuah 7,75 "dek luas biasanya akan dilengkapi dengan truk yang memiliki as antara 7,5" lebar dan 8,0 " Truk lebar. (Standar truk axel ukuran kacang 5/16 "-24tpi UNF, dan lebih tipis" Kemacetan "gaya dengan kunci nilon opsional.) yang terlalu lebar dapat membuat trik melakukan sulit dan dapat menyebabkan roda masuk ke dalam cara ketika skateboard sedang ditunggangi. Truk yang terlalu kecil akan sulit untuk menjaga stabilitas dan dapat menyebabkan gigitan roda terjadi ketika berputar.


Longboard truk khusus adalah perkembangan lebih baru. Sebuah truk longboard memiliki pin raja diletakkan pada sudut tumpul lebih (biasanya antara 38 dan 50 derajat) ke geladak, ini memberikan tingkat yang lebih besar dari balik bagi kemiringan sama dek. Hal ini memungkinkan pengendara untuk pergi jauh lebih cepat sambil tetap mempertahankan stabilitas dan kontrol.


Langkah raksasa telah dibuat dalam industri truk selama bertahun-tahun. Pada akhir 2007, Perusahaan Truk gullwing diproduksi truk bernama "Sidewinder" yang dapat berporos pada dua sudut yang berbeda, sehingga sangat mengurangi radius putar dewan, sehingga nuansa yang lebih besar antara pengendara dan trotoar.


Roda


Roda skateboard, biasanya terbuat dari poliuretan , datang dalam berbagai ukuran dan bentuk yang sesuai dengan berbagai jenis skating. Ukuran lebih besar seperti 54-85 mm gulungan lebih cepat, dan juga bergerak lebih mudah melalui retakan di trotoar. Ukuran yang lebih kecil seperti 48-54 mm menjaga papan dekat ke tanah, memerlukan kekuatan kurang untuk mempercepat dan menghasilkan pusat gravitasi yang lebih rendah, tetapi juga membuat untuk kecepatan tertinggi lebih lambat. Roda juga tersedia dalam berbagai hardnesses biasanya diukur pada durometer Shore "A" skala. Roda berkisar dari yang sangat lunak (sekitar Shore A 75) dengan sangat keras (sekitar Shore A 101). Sebagai skala A berhenti di 100, setiap roda berlabel 101A atau lebih tinggi lebih sulit, tetapi tidak menggunakan skala durometer sesuai. Beberapa produsen roda sekarang menggunakan "B" atau "D" sisik, yang memiliki kisaran yang lebih besar dan lebih akurat kekerasan. Modern lebih memilih jalan skaters roda lebih kecil (biasanya 51-54 mm), sebagai roda kecil dengan truk ringan dapat membuat trik seperti kickflips dan trik flip lain lebih mudah dengan menjaga pusat gravitasi dari skateboard lebih dekat ke geladak, sehingga membuat dek lebih mudah untuk berputar. Roda Street seringkali cukup sulit karena hal ini memungkinkan roda untuk meluncur lebih mudah pada permukaan wax untuk bluntslides dan hidung / tailslides. jalan Vertikal atau "vert" skating memerlukan roda yang lebih besar (biasanya 55-65 mm), karena melibatkan kecepatan yang lebih tinggi. Vert roda juga biasanya lebih lembut, yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan kecepatan tinggi pada landai tanpa geser. Skating Slalom membutuhkan roda bahkan lebih besar (60-75 mm) untuk mempertahankan kecepatan tertinggi mungkin. Mereka juga harus lembut dan memiliki pegangan yang lebih baik untuk membuat ternyata ketat dan sering dalam balap slalom. Bahkan roda yang lebih besar digunakan dalam Longboarding dan menurun skateboarding. Ukuran berkisar dari 65 mm sampai 100 mm. Ini ukuran ekstrim roda hampir selalu memiliki core dari plastik keras yang dapat dibuat tipis dan ringan dari roda poliuretan padat. Mereka sering digunakan oleh videographers skateboard juga, sebagai roda lunak besar memungkinkan untuk gerakan halus dan mudah atas medan apapun.


Grip pita


Pita Grip adalah kertas lembar atau kain dengan perekat di satu sisi dan permukaan yang mirip dengan kertas pasir halus di sisi lain. Pita Grip diterapkan pada permukaan atas board yang memungkinkan kaki pengendara untuk pegangan permukaan dan membantu tinggal skater di papan tulis saat melakukan trik. Pita Grip biasanya hitam, tapi juga tersedia dalam berbagai warna seperti pink, kuning, kotak-kotak, kamuflase, dan bahkan jelas. Sering kali, mereka memiliki desain mati-memotong untuk menunjukkan warna papan, atau untuk menampilkan logo perusahaan dewan.

Sebuah Animasi prinsip bekerja untuk sebuah bantalan bola . NB Diagram menunjukkan 8-mengepalkan-bearing sedangkan bantalan skateboard biasanya 7-mengepalkan


Bearing


Setiap roda skateboard dipasang pada poros nya melalui dua bantalan . Dengan sedikit pengecualian, bantalan adalah standar industri "608" ukuran, dengan lubang 8 mm, diameter luar 22 mm dan lebar 7 mm. Ini biasanya terbuat dari baja, meskipun silikon nitrida, sebuah teknologi tinggi keramik, kadang-kadang digunakan. Bantalan skateboard Banyak yang dinilai menurut skala ABEC . Skala dimulai dengan ABEC1 sebagai terendah, 3, 5, 7, 9. Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa ABECs lebih tinggi lebih baik untuk skateboarding, sebagai Peringkat ABEC hanya mengukur toleransi , yang tidak selalu berlaku untuk skateboard. Rating ABEC tidak menentukan seberapa cepat atau seberapa tahan lama bantalan yang digunakan untuk skateboarding akan. Secara khusus, peringkat ABEC mengatakan apa-apa tentang seberapa baik bantalan menangani aksial (sisi ke sisi) beban, yang parah di paling skateboard aplikasi. Banyak perusahaan tidak menunjukkan rating ABEC, seperti Bones Bearings , yang membuat bantalan khusus untuk skateboard, sering dipasarkan sebagai "Skate Nilai". Setiap bantalan biasanya berisi 7 baja atau keramik bantalan bola , meskipun konfigurasi lain digunakan juga.


Hardware

Mount hardware satu set delapan 10-32 UNC baut, biasanya sebuah Allen atau Phillips kepala, dan nilon yang cocok Locknuts . Mereka digunakan untuk melampirkan truk untuk papan. Beberapa memiliki satu set baut berwarna yang berbeda untuk menunjukkan sisi mana adalah hidung skateboard.


Komponen opsiaonal


Risers / wedges


Anak tangga meningkatkan ruang antara truk dan dek. Hal ini memungkinkan truk untuk memutar lebih jauh tanpa menyebabkan gigitan roda (ketika roda menyentuh dek dan berhenti berputar).Wedges dapat digunakan untuk mengubah karakteristik berpaling dari truk. 


Rails/rusuk

Sempit strip dari plastik atau logam yang terpasang di bawah geladak memanjang sepanjang tepi. Mereka digunakan untuk pegangan tambahan untuk diperebutkan, dan untuk meningkatkan geser sekaligus melindungi grafis dek di waktu yang sama. Meskipun jarang digunakan lagi, mereka berguna untuk skaters yang berpengalaman yang mampu diperebutkan.


Sliptape


Sliptape adalah bagian yang jelas dari plastik perekat diri yang menempel pada bagian bawah dek. Ini membantu melindungi grafis dewan dan memungkinkan papan untuk slide lebih mudah.Nama lain untuk ini adalah everslick.

Lapper

Lapper adalah penutup plastik yang diikat ke belakang truk dan berfungsi untuk melindungi gembong ketika grinding. Hal ini juga mencegah hang-up dengan menyediakan transisi yang halus untuk truk ketika hits hambatan atau pipa logam atau bar bulat.

Penjaga hidung


Sebuah bumper plastik yang digunakan untuk melindungi bagian depan skateboard. Digunakan dalam model papan tua.


Tail penjaga (Plat Skid)


Meloncat ke bagian bawah ujung ekor skateboard, penjaga ekor (juga dikenal sebagai "piring selip") dilindungi ujung ekor dari selip berhenti dan manuver lainnya yang dinyatakan akan mengikis kayu dan mengurangi umur panjang ekor. Biasanya terbuat dari plastik, ini adalah sangat populer di era 80-an, namun cepat terlarut penggunaan mereka atas kedatangan 90-an dan semakin populer desain papan yang dimasukkan dua ekor.


Tail iblis


Perangkat memicu ditempatkan di ekor atau hidung skateboard.


Copers


Setengah tabung plastik yang melindungi as roda dari truk. Pada periode 1980-85, dicuri keranjang belanja pegangan dipotong oleh beberapa sesuai sebagai pedagang kuda darurat.


Kurang lebih sih begitu sejarah dan bagian-bagiannya. Main skateboard itu seru loh! It's cool and exclaimed! Hm cukup sekian dan terimakasih :)



No comments:

Post a Comment